Selasa, 29 Maret 2011

Avatar 2009


Directed by James Cameron
Produced by James Cameron
Jon Landau
Written by James Cameron
Starring Sam Worthington
Zoe Saldana
Stephen Lang
Michelle Rodriguez
Giovanni Ribisi
Joel David Moore
C. C. H. Pounder
Wes Studi
Laz Alonso
Sigourney Weaver
Music by James Horner
Cinematography Mauro Fiore
Editing by James Cameron
John Refoua
Stephen E. Rivkin
Studio Lightstorm Entertainment
Dune Entertainment
Ingenious Film Partners
Distributed by 20th Century Fox
Release date(s) December 10, 2009 (2009-12-10)
(London premiere)
December 18, 2009
(United States)
Running time 162 minutes[1]
Avatar adalah film fiksi ilmiah yang ditulis dan disutradarai oleh James Cameron. Film ini ditetapkan pada tahun 2154 di Pandora, sebuah bulan di sistem bintang Alpha Centuri. Manusia terlibat dalam pertambangan Pandora cadangan mineral berharga, sedangkan Na’vi-ras-humanoids pribumi melawan penjajah ‘ekspansi yang mengancam kelangsungan hidup dari Na’vi dan Pandora ekosistem.
Film ini dirilis secara 2-D, serta 3-D dan IMAX 3D Format. Avatar secara resmi dianggarkan pada $237 juta. Untuk biaya produksi diperkirakan $280-310 juta dan untuk pemasarannya diperkirakan $150 juta. Film ini dipiji-puji sebagai terobosan dalam hal pembuatan film teknologi, kamera dirancang khusus untuk pengembangan dan stereoscopic 3D. Setting Pandora sangat menawan, terlihat gunung-gunung yang berterbangan sangat mengesankan bagi film fiksi ilmiah. Ditambah puluhan burung seperti naga yang berterbangan dengan ditunggangi para Na’vi.
Pada tahun 2154, RDA Pandora korporasi pertambangan, yang rimbun, mirip bumi, bulan, planet Polyphemus, dalam sistem bintang Alpha Centuri. Parker Selfridge (Giovanni Ribisi) kepala operasi pertambangan, dan mempekerjakan marinir untuk keamanan. Koorporasi berniat untuk mengeksploitasi cadangan mineral Pandora yang berharga yang disebut Unobtanium. Pandora dihuni oleh Na’vi, berkulit biru budiman humanoids spesies dengan karakteristik kucing. Secara fisik lebih kuat dan lebih tinggi daripada manusia. Na’vi hidup selaras dengan Alam, menyembah seorang Ibu Dewi yang disebut Eywa.
Manusia tidak dapat bertahan hidup lebih lama di atmosfir Pandora tanpa menggunakan tabung oksigen. Dalam upaya untuk memperbaiki hubungan dengan penduduk asli, para ilmuwan menciptakan manusia Na’vi hibrida yang di sebut Avatar, yang dikendalikan oleh manusia yang dicocokkan secara genetis oleh operator. Jake Sully (Sam Worthnington), seorang mantan angkatan yang lumpuh menjadi pengendali Avatar nya sendiri bersama rekannya Dr. Grace Agustine (Sigourney Weaver).
Jake, Escorts, Agustine dan ahli biologi Norm Spellman (Joel David Moore) pada sebuah misi eksplorasi dalam bentuk avatar untuk melakukan kontak dengan Na’vi untuk membantu membangun hubungan diplomatik, memcahkan maslah sumber daya dan mengakhiri ancaman kekerasan. Mereka di serang oleh sekelompok pemangsa dan Jake menjadi terpisah dan hilang. terpaksa jake bertahan bermalam di hutan Pandora yang sangat berbahaya. ia di selamatkan oleh Neytiri (Zoë Saldaña), seorang wanita Na’vi. Jake di bawa Nyetiri ke Rumah Pohon yang sangat besar. Di situ di huni oleh sekelompok manusia Na’vi. jake berminat pada cara tata cara kehidupan Na’vi klan dan Mo’at (CCH Pounder) sebagai dukun dan Ibu Neytiri menyuruh Neytiri untuk mengajarkan tata cara kepada Jake.
Selama tiga bulan Jake dekat dengan Nyetiri dan mulai lebih memilih gaya hidup masyarakat Omaticaya dan menggunakan bahasa Na’vi, sehingga terjalin benih-benih cinta diantara Jake dan Neytiri. Perubahan Jake terbukti ketika merusak sebuah kamera dari buldoser yang tengah menghacurkan hutan itu. Kolonel Miles Quaritch (Stephen Lang) mengetahui video rekaman dari Jake bahwa misi pendekatan dengan suku Na’vi telah gagal, mereka tidak mau meninggalkan Rumah pohon tersebut.
Agustine berpendapat bahwa penghacuran Rumah pohon tersebut dapat mempengaruhi bio-botani dan semua organisme yang terhubung ke jaringan syaraf Pandora. Jake dan Agustine minta satu jam untuk meyakinkan Na’vi untuk meninggalkan Rumah Pohon tersebut. Ketika menyampaikan maksudnya kepada Omaticaya, Neytiri menuduh dia menghianati mereka, sehingga jake dan Agustine di tawan dan diikat kaki dan tangannya. Kolonel Quaritch segera menghancurkan Rumah Pohon itu, dan membunuh Eytucan (Wes Studi) Ayah Neytiri juga sekaligus sebagai ketua klan Na’vi juga membunuh para Na’vi lainya tanpa belas kasihan.
Jake dan Agustine dilepaskan dari Avatar mereka dan ditahan karena sudah menghianati bangsanya sendiri manusia bersama Norm. Trudy Chacón (Michelle Rodriguez), seorang pilot pasukan keamanan yang muak dengan kekerasan membawa kabur mereka diamana Agustine sekarat karena terkena tembak dari Colonel Quaritch saat kabur menggunakan helikopter. mereka menuju Omaticaya untuk menghidupkan Avatar mereka masing-masing dan mendapatkan kembali kepercayaan dari Na’vi. Jake mengendarai binatang Toruk Makto, binatang yang buas yang paling kuat berwarna merah. Binatang tersebut hanya lima na’vi yang pernah menakhlukannya, dan sekarang Jake yang telah menakhlukan Toruk Makto. Jake terbang bersama Toruk Makto menuju Eywa dimana para Na’vi berkumpul untuk meminta perlindungan. jake memohon kepada Mo’at untuk menyembuhkan Agustine. mereka berusaha untuk transplantasi jiwanya ke avatar, tapi luka tembak yang cukup parah membuat Agustine meninggal sebelum ritual itu terselesaikan.
Dengan bantuan Neytiri dan Tsu’tey (Laz Alonso), pemimpin baru dari Omatycaya. Jake meminta bala bantuan dari ribuan suku Na’vi dari berbagai Klan dengan bantuan Tsu’tey yang menerjemahkan kedalam bahasa Na’vi. Perang telah berkecamuk, banyak korban berjatuhan termasuk Tsu’tey dan Trudy. Ketika Na’vi diambang kekalahan, Satwa liar Pandora menyerang pasukan Korporasi secara tiba-tiba. Neytiri menafsirkan ini adalah do’a dari Jake untuk Eywa. Jake menghancurkan pembom utama tersebut sebelum mencapai Pohon of souls. kolonel Quaritch lolos dan menemukan tubuh pengendali utama Avatar dalam pot yang terhubung dengan sistem komputer. Kolonel Quaritch mengahncurkan Jake dalam pot tersebut. Neytiri membunuh Quaritch dan menyelamatkan Jake dalam keadaan sekarat. Kemudian Neytiri mengambil masker gas oksigen untuk menyelamatkan Jake. Neytiri dan Jake menegaskan kembali cinta mereka diamana saat Neytiri melihat tubuh Jake sebagai manusia untuk pertama kalinya.
Personil militer dikeluarkan dari Pandora, sementara Jake, Norm, dan para ilmuwan yang mempelajari Pandora diperbolehkan tetap tinggal di Pandora. Jake terlihat mengenakan lambang pemimpin Omaticaya. Film berakhir dengan kesadaran Jake sedang dicangkokkan ke Avatar Na’vi secara permanen oleh pohon Souls.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More